Wednesday, April 27, 2016

Edmodo untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun untuk orang tua/wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan terhubung,  maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada.
Edmodo dibuat sebagai sebuah platform pembelajaran jejaring sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan orang tua/wali. Edmodo dirancang untuk membuat siswa/mahasiswa bersemangat dalam belajar di lingkungan yang lebih akrab.  Di dalam Edmodo, guru / dosen  dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencanapenghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.
Pada Edmodo, guru/dosen berada di tengah-tengah jaringan yang kuat yang menghubungkan guru/dosen kepada siswa/mahasiswa, administrator, orang tua/wali, dan penerbit/buku. Jaringan ini merupakan permukaan sumber daya terbaik di dunia dan alat-alat, yang menyediakan blok bangunan pendidikan yang berkualitas tinggi.
Edmodo memudahkan untuk melacak kemajuan siswa/mahasiswa. Semua nilai danrencana belajar ditugaskan atau diberikan melalui Edmodo disimpan dan mudah diakses.Guru/dosen bisa mendapatkan masukan dari ruang kelas melalui reaksisiswa/mahasiswa untuk kuis, tugas, dan posting diskusi yang menangkap pemahaman,kebingungan, atau kefrustrasian siswa/mahasiswa. 
Permukaan Edmodo yang menarik, mudah menggunakan aplikasi yang personalisasipembelajaran untuk setiap siswa/mahasiswa. Aplikasi ini membantu guru/dosen untuk memperkuat rencana pelajaran/perkuliahan mereka dengan mengintegrasikan denganEdmodo, yang memberikan semua konten digital dalam satu tempat.
Edmodo menggunakan desain yang mirip dengan Facebook, dan menyediakanguru/dosen dan siswa/mahasiswa tempat yang aman untuk menghubungkan,berkolaborasi dan berbagi konten. Guru/dosen juga dapat mengirim nilai, tugas dan kuis untuk siswa/mahasiswa. Siswa/mahasiswa dapat mengajukan pekerjaan rumah dan melihat nilai-nilai mereka dan komentar guru/dosen mungkin telah diposting tentangtugas mereka. Guru/dosen juga dapat membuat jajak pendapat dan topik posting untuk diskusi di kalangan siswa/mahasiswa. Guru/dosen dapat membedakan dan menciptakan belajar mandiri melalui penciptaan sub–kelompok dalam kursus. Setelah setiap periodekursus selesai, guru/dosen menutup keluar jaringan dan menciptakan yang baru untuk kursus berikutnya. 
Seiring dengan skenario pembelajaran yang tercantum di atas, pendidikan situs jejaring sosial, seperti Edmodo, menawarkan kesempatan unik untuk terhubung dengan siswa dan membantu mereka menciptakan norma-norma dan merefleksikan bagaimana tindakan online yang berbeda akan diinterpretasikan. Edmodo menawarkan pendidikmempunyai kesempatan untuk memulai dialog yang memenuhi siswa/mahasiswa denganpengalaman mereka untuk memeriksa secara kritis penggunaan jaringan sosial dan etis penggunaan media dan format online.
Dalam upaya untuk mencegah orang luar bergabung dengan jaringan sekolah/kampus,Edmodo menyediakan kode khusus untuk sekolah/kampus dan kelas. Kode-kode inidiberikan kepada siswa/mahasiswa dan diperlukan untuk bergabung dengan kelompok.Perusahaan ini baru-baru ini meningkatkan keamanan layanan Edmodo dengan menerapkan perlindungan injeksi SQL untuk mencegah akses tidak sah ke sumber dayawebsite dan database.Edmodo menyediakan 4 pilihan fitur untuk mendaftar: 1. I’m a Teacher : untuk guru 2. I’m a Student : untuk murid 3. I’m a Parent : untuk orang tua 4. School&District : untuk menghubungkan sekolah kita ke Edmodo. Bagi guru/dosen, akan disediakan beberapa fitur yang mendukung pembelajaran, diantaranya adalah Note, Alert, Assignment, Quiz, Poll. Penggunaan masing-masing fitur ini bisa langsung diterbitkan dan bisa juga kita atur waktu kapan akan diterbitkannya.Uniknya, bagi murid/mahasiswa dan orang tua/wali, baru akan bisa mendaftar di Edmodo ini setelah mendapat group code dari guru/dosen setelah menciptakan kelas. Keren ya? Jadi tidak bisa sembarang orang join atau bergabung di kelas yang guru/dosen ciptakan meskipun saling terkoneksi.
Kenapa Menggunakan Edmodo?
“Learn anywhere. Stay connected to your classroom, collaborate, and share content from your mobile device.” Pembelajaran bisa dilakukan di mana saja, kapan saja dan dapat dilakukan dari device apa saja yang mendukung.
Edmodo juga aman. Aman karena target pembelajarannya hanya tertuju ke siswa/mahasiswa, kelas atau orang tua/wali yang kita tandai saja. Yang tidak kita tandai tidak dapat melihat.
Untuk melihat dan implementasi lebih detail tentang Edmodo ini, silahkan lihat di kolom Artikel dan Jurnal Ilmiah Asep Jalaludin di weblog ini di : 
https://jalaludinweb.wordpress.com/artikel-dan-jurnal-ilmiah/

4 comments:

  1. http://materisimais.blogspot.co.id/

    Anggota kelompok
    1. Aminah ( NPM: 14428011 )
    2. Arif Asikin (NPM : 14429013)
    3. Gungun Rohmawan (NPM: 14429044)
    4. Uun Kurniasih (NPM: 14429093)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon link ini pindahkan ke link : http://asepjalaludinz.blogspot.co.id/2016/04/mata-kuliah-sistem-informasi-manajemen.html#comment-form

      Delete
  2. Selamat Siang Pak Asep

    Kami dari Kelompok 1 Pagi, Mahasiswa STMIK Cikarang, Jurusan Teknik Informatika Semester 4, Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM),
    Mengirimkan link tugas presentasi kemarin, silahkan di cek pak,

    https://drive.google.com/file/d/0B9HN7P2aIFtIdWZPWVdtM191akU/view?usp=sharing

    https://drive.google.com/file/d/0B9HN7P2aIFtIMVZCRkU4UGJyZmM/view?usp=sharing

    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Promo Judi Sabung Ayam Online - Di situs Bolavita !
    📌 Bonus 10% untuk new member
    📌 Bonus 100% ( Win Beruntun 8x )
    📌 Bonus Referral 7% + 2%
    📌 Bonus Cashback s/d 10% Setiap Minggu

    Minimal deposit hanya Rp 50.000 saja ! Menerima Pendaftaran Dan Deposit Menggunakan OVO, Gopay, Linkaja, Deposit Pulsa, Dan Rekening Bank Seluruh Indonesia.

    Daftar sekarang juga ! Kunjungi : http://159.89.197.59/register/

    ReplyDelete