Monday, April 25, 2016

Mata Kuliah Programmable Logic Controllers (PLC)

asep_jalaludin_t3Programmable Logic Controller (PLC) adalah sebuah komputer khusus yang ditujukan untuk pengaturan proses di industri. PLC merupakan pengganti dari sistem kendali berbasis relay yang terhubung secara hardwired, karena PLC bekerja berdasar program (software) yang tersimpan dalam processor PLC. Untuk pemrogramannya, PLC menggunakan bahasa khusus yang disebut ladder diagram yang mirip dengan relay ladder. PLC terdiri dari Central Processing Unit (CPU) yang berisi program aplikasi, memori (berupa RAM dan ROM), dan modul interface Input-Output (I/O) yang terhubung langsung dengan peralatan fisik input (switch, sensor) dan output (motor, solenoid, lampu). Program aplikasi  tersebut akan mengontrol PLC sehingga pada saat sebuah input device ON, PLC akan memberikan respon sesuai alur program yang telah dibuat, dan akan mengaktifkan output device tertentu. Selain itu PLC mempunyai alat tambahan (peripheral) berupa Programming Console untuk memasukkan program ke PLC.Programming pada PLC juga bisa dilakukan lewat komputer dengan software khusus.
  1. Programmable, menunjukkan kemampuan dalam hal memori untuk menyimpan program yang telah dibuat yang dengan mudah diubah-ubah fungsi atau kegunaannya.
  2. Logic, menunjukkan kemampuan dalam memproses input secara aritmatik dan logic (ALU), yakni melakukan operasi membandingkan, menjumlahkan, mengalikan, membagi, mengurangi, negasi, AND, OR, dan lain sebagainya.
  3. Controller, menunjukkan kemampuan dalam mengontrol dan mengatur proses sehingga menghasilkan output yang diinginkan.
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di Programmable Logic Controllers (PLC) : PLC1,PLC2,PLC3, PLC4, … ,SPLC1SPLC2, SPLC3, SPLC4SPLC5SPLC6SPLC7SPLC8, etc..

No comments:

Post a Comment