Tuesday, April 26, 2016

Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MDSM)


Paradigma baru tentang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) pada era bisnis global yang sangat cepat dan komplek ini seperti demografi, geografis,  jenis  bisnis,  lingkungan  hidup,  serta  dampak  globalisasi,  mengharuskan Organisasi  untuk  beradaptasi  secara  cepat  dengan  lingkungan  yang  turbulens  dengan bersikap  proaktif.  Artinya  manajeman  SDM  harus  mampu  mengantisipasi  berbagai perkembangan  yang  sedang  dan  akan  terjadi,  kemudian  melakukan  berbagai  tindakan untuk menjawab  tantangan  tersebut, yang pada akhirnya dapat menciptakan keunggulan kompetitif  yang  tidak  dimiliki  oleh  organisasi  lainnya,  mengingat  bentuk-bentuk kompetisi  tradisional  seperti  biaya  produksi  rendah,  peningkatan  teknologi,  kecepatan distribusi,  efisisensi  produk  serta  pengembangan  produk  yang  berkualitas  akan mudah di tiru oleh pesaing. Dengan tuntutan seperti ini, merupakan keharusan bagi MSDM untuk merubah peranannya yang berorientasi pada “result”. Dengan demikian Departemen MSDM harus berperan  sebagai  mitra  bagi  manajemen  fungsional  lainnya  atau  dengan  manajer  lini, artinya MSDM  harus  terlibat  aktif  dalam  perencanaan,  pengelolaan  serta  pengendalian organisasi  yang  berkaitan  dengan  alokasi  dan  pengembangan  SDM. Perubahan peran tersebut dari sistem kerja yang responsive menjadi proaktif, dan sktruktur fungsional ke struktur yang lebih fleksibel dan melaksankan kebijakan strategis. Hal ini menjadi sumber daya manusia mempunyai peran penting untuk kesuksesan bisnis yang dikaitkan dengan  peningkatan laba, kemampuan bersaing, daya adaptasi juga fleksibelitas. MSDM memiliki posisi yang sangat strategis atas keberlangsungan perusahaan. Hal ini disebabkan materi dasar seperti kinerja, motivasi, kepuasan kerja, dan produktivitas apabila tidak terpenuhi akan menyebabkan keberlangsungan kehidupan perusahaan menjadi terganggu. Begitu juga sebaliknya, apabila materi dasar tersebut terpenuhi maka perusahaan akan semakin maju. 
Materi : MSDM-1, MSDM-2, MSDM-3, MSDM-4, MSDM-5, MSDM-6, MSDM-7, ..., Etc.


1 comment:

  1. Kelompok 3: EIS (Enterprise Information System) :STEBI Global Mulia - PS -S1-ES
    - Ana syahidah
    - Evi nurpianti
    - Fitriani
    - Nova Mutiaranti

    *Keuntungan EIS
    1. Memfasilitasi pencapaian tujuan organisasi
    2. Memfasilitasi akses ke seluruh informasi
    3. Mempercepat waktu pencarian informasi
    4.Meningakatan kualitas komunikasi
    5. Meningakatan kemampuan komunikasi
    6. Memungkinkan perencanaan

    *Kelemahan EIS
    1. Membutuhkan waktu lama dalam hal penginstalan
    2. Biaya mahal

    Contoh: Sol-ERP

    ReplyDelete