Tuesday, April 26, 2016

Materi Kuliah Teori Ekonomi Mikro

 


Materi  Kuliah Teori Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi merupakan studi tentang bagaimana masyarakat memilih penggunaan sumber-sumber daya produktif langka yang mempunyai beberapa alternatif penggunaan, untuk menghasilkan berbagai jenis komoditi, dan mendistribusikannya kepada berbagai kelompok.

Ilmu ekonomi dipelajari dengan berbagai alasan; untuk memahami segala masalah yang dihadapi masyarakat dan rumah tangga, untuk membantu pemerintah menunjang pertumbuhan dan memperbaiki kualitas hidup, serta menghindari timbulnya depresi dan inflasi, untuk menganalisis pola perilaku masyarakat. Oleh karena setiap pertanyaan ekonomi terlilbat dalam seluruh kehidupan sehari-hari maupun masalah nasional, maka pemahaman ilmu ekonomi sangatlah penting.

Ilmu ekonomi berpijak pada hukum kelangkaan, yang menganggap bahwa barang itu bersifat langka, karena keinginan orang terhadap barang itu melebihi dari yang dapat diproduksi oleh perekonomian. Barang ekonomi adalah terbatas, tidak cuma-cuma, dan masyarakat harus memilih diantara barang yang dapat diproduksi dengan sumber-sumber daya yang tersedia.

Secara garis besar, pembahasan ilmu ekonomi dibedakan menjadi 2 bagian, ilmu ekonomi yang membahas mengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan rumah tangga dan sumber–sumber produksi dinamakan ilmu ekonomi mikro, sedang ilmu ekonomi yang membahas mengenai masalah-masalah yang lebih luas dinamakan ilmu ekonomi makro.

Untuk materi kuliah ekonomi mikro : ekomik-1, ekomik-2, ekomik-3, ..., etc. | Rangkum-Ekomik-1


40 comments:

  1. Nama : Muhammad Yudhistira
    NPM : 43181340320045
    Jurusan : Akuntansi

    1. Dalam ekonomi makro, resesi berarti kondisi pertumbuhan ekonomi menurun atau bernilai negatif selama 2 kuartal atau lebih. Yang mengakibatkan penurunan aktivitas ekonomi seperti lapangan kerja, investasi, dan keuntungan perusahaan.
    2. 2 alasan yang menjadi andalan dalam ketahanan ekonomi mikro diantaranya, 1.) Penanganan pandemi covid-19 secara cepat, tepat & tegas serta penerapan protokol kesehatan ketat dalam menjalankan aktivitas ekonomi., 2.) Kebijakan struktural di sektor keuangan dan fiskal serta pemberian insentif khusus untuk dapat bangkit kembali paska pandemi covid-19.
    3. Fungsi pasar sebagai penggerak ekonomi mikro diantaranya, 1.) Sebagai distributor => Pasar sebagai sarana distribusi untuk faktor produksi dan sarana distribusi untuk hasil produksi., 2.) Pasar sebagai pembentuk harga => Harga pasar terbentuk melalui kegiatan tawar-menawar yang dapat menghasilkan kesepakatan harga., 3.) Pasar sebagai sarana promosi => Pasar menjadi tempat menginformasikan manfaat & keunggulan suatu barang/jasa yang diperjualbelikan.

    ReplyDelete
  2. Nama:siti Fauzi. N
    Npm:43181340320021
    Prodi:akuntansi

    1.Dalam ekonomi makro, resesi atau kemerosotan adalah kondisi ketika produk domestik bruto (GDP) menurun atau ketika pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal atau lebih dalam satu tahun.

    2.perrtama ,penundaan pembayaran hutang atau kredit untuk menjaga likuiditas keuangan UMKM dan Pemberian Bantuan Sosial
    Ketdua,kebijakan struktural disektor keuangan dan fiskal serta Pemberian insentif khusus untuk dapat bangkit kembali paska pandemi COVID 19.

    3. -Pasar Sebagai Distributor
    Pasar memudahkan proses distribusi barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Pasar sebagai sarana distribusi untuk faktor produksi (dari RTK ke RTP) dan sarana distribusi untuk hasil produksi (dari RTP ke RTK).
    -Pasar sebagai pembentuk harga
    Kegiatan tawar-menawar akan yang terjadi di dalam pasar sehingga dapat menghasilkan kesepakatan harga dan harga pasar akhirnya akan terbentuk.
    -Pasar sebagai sarana promosi
    Pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan memanfaatkan dan keunggulan suatu barang atau jasa yang diperjualbelikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Wulan Purnama
      NPM : 43181340320053
      Prodi : Akuntansi


      1. Secara sederhana, resesi ekonomi dapat dipahami sebagai kelesuan ekonomi. Resesi diartikan sebagai kondisi dimana produk domestik bruto (GDP) mengalami penurunan atau pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama 2 kuartal secara berturut turut atau lebih dari satu tahun.

      2. UMKM menjadi andalan dalam penyerapan tenaga kerja, mensubstitusikan produk² konsumsi atau setengah jadi. Yang kedua mempersiapkan UMKM agar siap mengahadapi era industri 4.0 dan pemanfaatan serta pendampingan umum dalam pemasaran digital

      3. Fungsi pasar sebagai penggerak ekonomi mikro diantaranya 1) Pasar sebagai distributor >> pasar memudahkan proses distribusi barang atau jasa dari produsen ke konsumen. 2) Pasar sebagai Pembentuk harga >> kegiatan tawar menawar akan yang terjadi di dalam pasar, sehingga dapat menghasilkan kesepakatan harga dan harga pasar akhirnya akan terbentuk. 3) Pasar sebagai Sarana Promosi >> pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan memanfaatkan dan keunggulan suatu barang atau jasa yang diperjualbelikan.

      Delete
  3. Nama : Kiara Niko Putri
    NPM : 43181340320003
    Prodi : Akuntansi

    1. Sesuai dengan namanya yang berarti kelesuan atau kemerosotan, resesi mengakibatkan penurunan secara simultan pada setiap aktivitas di sektor ekonomi. Sebut saja lapangan kerja, investasi, dan juga keuntungan perusahaan. Dampaknya akan terjadi banyak pengangguran akibat pemutusan hubungan kerja. kondisi tersebut mengakibatkan daya beli masyarakat menurun yang berimbas pada turunnya keuntungan perusahaan.

    2. - penundaan pembayaran hutang atau kredit untuk menjaga likukditas keuangan saat pandemi ditahun ini berlangsung dan pemberian bantuan sosial
    - kebijakan struktural disektor keuangan dan fiskal serta pemberian insentif khusus untuk dapat bangkit kembali paska pandemi covid 19

    3.Pasar adalah suatu tempat di mana pembeli dan penjual bertemu untuk membeli atau menjual barang dan jasa faktor-faktor produksi. Namun bagi teori ekonomi mikro adalah lebih luas lagi. Pasar meliputi “pertemuan” antara pembeli dan penjual, di mana antara keduanya mungkin tidak saling melihat satu sama lain (misalnya antara importir karet yang bertempat tinggal di Amerika dan eksportir karet di Indonesia yang melakukan transaksi jual beli melalui teleks, telepon dan internet). Fungsi utama pasar dalam ekonomi mikro yaitu
    Pertama, pasar menetapkan nilai (sets value). Dalam ekonomi pasar, harga merupakan ukuran nilai. Fungsi ini memecahkan masalah penentuan apa yang harus diproduksi oleh suatu perekonomian.
    Kedua, pasar mengorganisasikan produksi. Dengan adanya harga-harga faktor produksi di pasar, maka akan mendorong produsen (entrepreneur) memilih metode produksi yang paling efisien.
    Ketiga,pasar berfungsi menyelenggarakan penjatahan (rationing). Penjatahan adalah inti dari adanya harga. Karena jumlah produksi yang tersedia dalam masyarakat untuk jangka waktu tertentu terbatas jumlahnya, maka jumlah tersebut haruslah dibagi-bagi sehingga dapat “cukup” dalam jangka waktu tertentu itu.
    Keempat,pasar mempertahankan dan menyediakan barang dan jasa untuk yang akan datang. Tabungan (saving) dan investasi (investment) semuanya terjadi di pasar dan keduanya merupakan usaha mempertahankan dan mencapai kemajuan perekonomian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Putri Dwi Puji Lestari
      NPM : 43181340320039
      Jurusan : Akuntansi


      1. Indonesia secara garis besar menurut kuartal IV tahun 2020 akan mengalami kelesuan atau kemerosotan ekonomi yang berlangsung selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Resesi ekonomi memberikan pengaruh kepada penurunan pada seluruh kegiatan ekonomi tetapi secara ekonomi mikro akan bisa bangkit dan meningkatkan ketahanan ekonomi mikro dengan cara penguatan kelembagaan ekonomi domestik dapat dilakukan dengan mempertegas pelaksanaan aturan formal dan non formal yang berlaku secara spesifik di daerah nya masing-masing.

      2. Pasar dan usaha kecil lainnya yang digunakan sebagai sarana distributor pembentuk harga dan sebagai sarana promosi. Alasan nya ada 2 : untuk memahami segala masalah yang dihadapi masyarakat dan rumah tangga, dan untuk sebagai penggerak dibidang ekonomi pasar dan menjadikannya sebagai pendapatan negara.

      3. Fungsi pasar sebagai salah satu penggerak ekonomi mikro yaitu dapat menopang perekonomian pasar yang berfungsi sebagai distributor = pasar memudahkan proses distribusi barang atau jasa dari produsen ke konsumen, pasar sebagai pembentuk harga = kegiatan tawar menawar akan menghasilkan kesepakatan harga, pasar sebagai sarana promosi = Menjadi tempat memperkenalkan tentang suatu keunggulan barang.

      Delete
  4. Nama : Septiyana Andini
    NPM : 43181340320051
    Prodi : Akuntansi Semester 1 (STIE TRIBUANA)

    Jwaban :
    1. Resesi yang terjadi di Indonesia saat ini sudah kuartal IV yang berarti telah terjadi penurunan signifikan dalam aktivitas perekonomian.Dan itu sudah berlangsung selama berbulan-bulan.
    Indonesia telah di nyatakan resesi ksrna mengalami hal sebagai berikut :
    -Tingkat pengangguran tinggi
    -Ukuran pendapatan di bawah rata-rata
    -Penurunan angka penjualan

    2. Andalan dari ketahanan ekonomi mikro :
    -Menjadikan masyarakat sebagai pasar untuk mendapatkan barang-barang pokok(uang rupiah tetap berputar)
    -Para pelaku ekonomi mikro lebih ulet dan mudah beradaptasi dalam semua kondisi

    3. Pasar adalah tempat berputarnya nilai tukar rupiah dan barang.Dan di pasarlah tempatnya para pelaku ekonomi bertemu dan melakukan transaksi ekonomi (Distribusi-Komsumen).Di pasar rata-rata pelaku ekonomi adalah UMKM(sebagai ujung tombak kemerdekaan ekonomi)

    ReplyDelete
  5. Nama. :Dyah ayu Aprilia P
    Npm. :43181340320049
    Jurusan :akuntansi
    1. Periode penurunan ekonomi sementara dimana perdagangan dan aktivitas industri berkurang umumnya ditandai dengan penurunan PDB dalam dua kuartal berturut-turut
    2.2 alasan yang menjadi andalan dalam ketahanan ekonomi mikro diantaranya, ¹) Penanganan pandemi covid-19 secara cepat, tepat & tegas serta penerapan protokol kesehatan ketat dalam menjalankan aktivitas ekonomi., ²) Kebijakan struktural di sektor keuangan dan fiskal serta pemberian insentif khusus untuk dapat bangkit kembali paska pandemi covid-19.
    3.Pasar Sebagai Distributor
    Pasar memudahkan proses distribusi barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Pasar sebagai sarana distribusi untuk faktor produksi (dari RTK ke RTP) dan sarana distribusi untuk hasil produksi (dari RTP ke RTK).

    Pasar sebagai pembentuk harga
    Kegiatan tawar-menawar akan yang terjadi di dalam pasar sehingga dapat menghasilkan kesepakatan harga dan harga pasar akhirnya akan terbentuk.

    Pasar sebagai sarana promosi
    Pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan memanfaatkan dan keunggulan suatu barang atau jasa yang diperjualbelikan.

    ReplyDelete
  6. Nama: Rassel
    NPM.: 43181340320004
    Prodi: Akuntansi
    Matkul: Teori Mikro
    Jawaban:
    1.resesi atau kemerosotan adalah kondisi ketika produk domestik bruto (GDP) menurun atau ketika pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal atau lebih dalam satu tahun.
    2. 2 alasan menjadi andalan ketahanan ekonomi mikro diantaranya penanganan pandemi covid-19 secara cepat,tepat,dan tegas, serta penerapan protokol kesehatan ketat dalam menjalankan aktivitas ekonomi, kedua kebijakan struktural disektor keuangan dan fiskal serta pemberian insentif khusus untuk dapat kembali pasca pandemi covid-19.
    3. Fungsi pasar penggerakan ekonomi mikro yaitu pasar sebagai distributor (pasar memudahkan proses distribusi barang atau jasa), pasar sebagai pembentuk harga( kegiatan tukar menukar), pasar sebagai sarana promosi(pasar menjadi tempat perkenalan atau informasi suatu barang atau jasa yang diperjualbelikan).

    ReplyDelete
  7. Nama.   : Sintia Lestari

    Npm      : 43181340320022

    Jurusan : Akuntansi

             Materi Kuliah Teori Ekonomi Mikro



    Jawaban:

    1). Dalam ekonomi makro, Resesi atau kemorosotan adalah kondisi ketika produk domestik bruto (ODP) menurun atau ketika pertumbuhan ekonomi Rill bernilai negatif selama ada kuartal/ lebih dalam satu tahun.

    2). Dua alasan yg menjadi andalan dari ketahanan ekonomi mikro di antarannya, penanganan pademi covid - 19 secara cepat, tepat dan tegas serta penerapan protocol kesehatan ketat dalam menjalankan Aktivitas ekonomi.

    3). Fungsi pasar penggerakan ekonomi mikro yaitu pasar sebagai Distributor ( Pasar memudahkan proses distribusi barang atau jasa ) , pasar sebagai pembentuk harga (kegiatan tawar menawar), pasar sebagai sarana promosi atau informasi suatu barang atau jasa yg di perjual belikan

    ReplyDelete
  8. Nama : fauziah Nur
    Npm : 43181340320008
    Jurusan : akuntansi
    Jawaban :
    1. Dalam ekonomi makro resesi atau kemorosotan adalah kondisi ketika produk domestik bruto ( GDP ) menurun atau ketika pertumbuhan ekonomi rill bernilai negatif selama ada kuartal atau lebih dalam satu tahun.

    2. 2 alasan yang menjadi andalan dari ketahanan ekonomi mikro diantaranya, penanganan pandemi covid 19 secara cepat, tepat dan tegas serta penerapan protokol kesehatan ketat dalam menjalankan aktivitas ekonomi, kedua kebijakan struktural di sektor keuangan dan fiskal.

    3. Fungsi pasar penggelapan ekonomi mikro yaitu pasar sebagai distributor ( pasar yang memudahkan proses distribusi barang atau jasa) , pasar sebagai pembentukan harga ( kegiatan tawar menawar ), pasar sebagai sarana promosi ( pasar menjadi tempat perkenalan atau informasi suatu barang atau jasa yang dipejualbelikan .

    ReplyDelete
  9. Nama: Putri Ummi Humaeroh
    NPM: 43181340320024
    Prodi: Akuntansi/smstr 1
    Matkul: Teori Ekonomi Mikro

    1. Dalam ekonomi makro, resesi atau kemerosotan adalah kondisi ketika produk domestik bruto (GDP) menurun.

    2. UMKM
    *Di masa Pandemi Covid-19 melakukan penanganan Pandemi COVID-19 secara cepat, tepat dan tegas serta penerapan protokol kesehatan ketat dalam menjalankan aktivitas ekonomi.
    * penundaan pembayaran hutang atau kredit untuk menjaga likuiditas keuangan UMKM dan Pemberian Bantuan Sosial

    3. Fungsi pasar sebagai penggerak ekonomi mikro diantaranya:
    1.) Sebagai distributor
    Pasar sebagai sarana distribusi untuk faktor produksi dan sarana distribusi untuk hasil produksi.
    2.) Pasar sebagai pembentuk harga
    Harga pasar terbentuk melalui kegiatan tawar-menawar yang dapat menghasilkan kesepakatan harga.
    3.) Pasar sebagai sarana promosi
    Pasar menjadi tempat menginformasikan manfaat & keunggulan suatu barang/jasa yang diperjualbelikan.

    ReplyDelete
  10. Nama: Siti nurpadilah
    Nim: 43181340320047
    Jurusan: Akuntansi

    1. Resesi ekonomi adalah penurunan signifikan yg berlangsung lebih dari beberapa bulan dalam satu tahun dalam kegiatan ekonomi.
    2. -adanya usaha mikro kecil menengah
    (umkm), menjadi tombak bagi
    kemerdekaan ekonomi Indonesia
    -mekanisme ekonomi Mikro membentuk
    harga relatif terhadap produk dan
    jasa.
    3. Dalam hal ini fungsi pasar sebagai peran penting bagi distributor, pembentukan harga, dan sarana promosi.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Nama : Alvany Alifia
    NPM : 43181340320002
    Jurusan : Akuntansi

    1. Secara sederhana resesi ekonomi dapat dipahami sebagai kelesuan atau kemerosotan ekonomi. Mengutip dari Wikipedia, resesi diartikan sebagai kondisi di mana produk domestik bruto (GDP) mengalami penurunan atau pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal secara berturut-turut atau lebih dari satu tahun.
    Resesi mengakibatkan penurunan secara simultan pada setiap aktivitas di sektor ekonomi.

    2. • Penundaan pembayaran hutang atau kredit untuk menjaga likuiditas keuangan UMKM dan pemberian bantuan sosial.
    • Mempersiapkan UMKM agar siap menghadapi era industri 4.0 dan pemanfaatan dan pendampingan UMKM dalam pemasaran digital melalui E Commerce dan media social serta platform digital lainnya.

    3. Fungsi pasar sebagai penggerak ekonomi mikro:
    - Fungsi Pembentukan Harga : Fungsi pembentukan harga. artinya pasar merupakan tempat dalam menentukan harga (nilai) suatu barang karna pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang saling berinteraksi atau saling tawar menawar sehingga memunculkan suatu kesepatakan suatu harga (nilai) barang tersebut.
    - Fungsi Distribusi : Fungsi Distribusi. artinya pasar memudahkan produsen dalam mendistribusikan suatu barang kepada konsumen atau pembeli secara langsung.
    - Fungsi Promosi : Fungsi Promosi. artinya pasar merupakan tempat yang paling cocok bgi produsen dalam memperkenalkan atau mempromosikan barangnya kepada konsumen.

    ReplyDelete
  13. Nama :Al Istiqomah
    Npm :43181340320028
    Jurusan:Akuntansi
    Jawaban:
    No.1: Resensi ekonomi secara mikro adalah penurunan signifikasi dalam kegiatan ekonomi yang berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun selama resensi ekonomi berjuang.
    No.2: •Dalam situasi krisis, UMKM menjadi andalan dalam penyerapan tenaga kerja, mensubstitusi produk-produk konsumsi atau setengah jadi. Saat ini menjadi momentum agar masyarakat membeli dan mengonsumsi produk UMKM.
    •masyarakat diminta tidak perlu panik kekurangan barang konsumsi. Sebab, UMKM mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.
    No.3: •sebagai distributor,yaitu pasar memudahkan proses distribusi barang atau jasa dari produsen ke konsumen
    •pasar sebagai bentuk harga,yaitu kegiatan tawar menawar
    •pasar sebagai sarana promosi,yaitu menjadi tempat memperkenalkan manfaat dan keunggulan suatu barang

    ReplyDelete
  14. Ayunda Haidaroh N
    43181340320050
    AKUTANSI

    1. Dilihat dari sudut pandang ekonomi makro diatas , resesi ekonomi adalah penurunan pertumbuhan ekonomi yang bernilai negatif dibawah -2%.
    2. pemerintah bersama swasta secara bersama berkomitmen untuk dapat menjaga dan mengembangkan eksosistem perekonomian yang mengikutsertakan UMKM di dalamnya.
    Dan penundaan pembayaran hutang atau kredit untuk menjaga likuiditas keuangan UMKM dan Pemberian Bantuan Sosial.

    3. Jadi dalam hal ini pasar dapat dipersamakan sebagai komputer raksasa
    yang dapat memecahkan masalah-masalah besar yang ada dalam suatu
    perekonomian.

    ReplyDelete
  15. Nama : Aisyah Puri Nurjanah
    Npm : 43181340320001
    Prodi : Akuntansi

    Jawaban
    1. Yaitu penurunan/lambatnya pertumbuhan ekonomi yang signifikan dalam ekonomi makro.

    2. a. Membangun bisnis sampingan
    b. Mengurangi keperluan yang tidak
    perlu
    c. Memangkas tagihan kartu kredit

    3. Yaitu terbukti pada pelaku usaha sektor ekonomi mikro yang ulet dan mudah beradaptasi. Dengan demikian, sektor tersebut tetap berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

    ReplyDelete
  16. Nama : Alfarabi Shina L
    Npm : 43181340320040
    Jurusan : akuntansi

    1. Dalam ekonomi makro, resesi atau kemerosotan adalah kondisi ketika produk domestik bruto (GDP) menurun atau ketika pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal atau lebih dalam satu tahun.

    2. Alasanya adalah
    A. Skala Bisnis Masih dalam Taraf Lokal
    Sebagian besar usaha mikro bermain dalam tataran lokal. Dengan kata lain, wilayah operasional untuk usaha mikro masih belum sampai ke tahap ekspor-impor. Jadi, selain tidak begitu terpengaruh resesi produk dan usaha mikro tidak terkena imbas pertukaran mata uang. Karena bahan baku utamanya tidak ada yang impor dan pemasaran mereka pun tidak ke luar negeri.
    B. Produk Selalu Dibutuhkan = Auto Tahan Resesi
    Hal berikutnya yang menjadikan usaha mikro dapat bertahan selain konsumennya yang loyal dapat dilihat dari segi produk yang mereka jual. Apabila kita lihat, beberapa produk yang terkena dampak resesi adalah produk yang memiliki skala pemasaran luas dan produk jenis tertentu. Katakanlah seperti produk impor. Namun, produk dari usaha mikro dapat bertahan karena memang berfokus pada produk yang dibutuhkan banyak orang.

    3. - Pasar memiliki fungsi distribusi menyalurkan barang-barang hasil produksi kepada konsumen.
    - Fungsi Pembentukan Harga. Dalam proses tawar menawar itulah keinginan kedua belah pihak (antara pembeli dan penjual) digabungkan untuk menentukan kesepakatan harga, atau disebut harga pasar.
    - Fungsi Promosi. Pasar merupakan sarana paling tepat untuk ajang promosi, karena di pasar banyak dikunjungi para pembeli.

    ReplyDelete
  17. Nama:Andini
    Npm  :43181340320035
    Prodi :Akuntansi semester 1

    Jawaban:
    1.resesi ekonomi yang dimaksud adalah penurunan ekonomi sementara yang mengakibatkan penurunan aktivitas ekonomi seperti lapangan kerja dan keuntungan perusahaan.

    2.2 alasan yang menjadi andalan dari ketahanan ekonomi mikro:
    *penundaan pembayaran hutang atau kredit untuk   menjaga likuiditas keuangan UMKM dan Pemberian Bantuan Sosial.
    *kebijakan struktural disektor keuangan dan fiskal serta Pemberian insentif khusus untuk dapat bangkit kembali paska pandemi COVID 19.

    3.Fungsi pasar di dalam ekonomi mikro antara lain adalah menetapkan nilai
    barang atau jasa yang dijual belikan.

    ReplyDelete
  18. Nama: Emmanuel RIZKY Reza Kaendo
    NPM: 43181340320055
    Jurusan: Akuntansi (STIE Tribuana)


    1. Secara sederhana, resesi ekonomi dapat dipahami sebagai kelesuan ekonomi. Resesi diartikan sebagai kondisi di mana produk domestik bruto (GDP) mengalami penurunan atau pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal secara berturut-turut, atau lebih dari satu tahun. Di saat pandemi Covid-19 ini, dampak dari resesi ekonomi yang paling besar adalah semakin banyaknya pengangguran, karena terjadinya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap para karyawan di banyak sekali perusahaan se-Indonesia.


    2. a) Karena pelaku usaha di sektor ekonomi mikro terbukti ulet dalam bekerja, dan mudah beradaptasi dengan situasi sulit sekarang ini (adanya pandemi Covid-19).

    b) Karena tidak berbentuk perusahaan besar, sektor ekonomi mikro lebih mudah untuk diatur perencanaan ekonominya, sehingga lebih mampu untuk bertahan (survive) di tengah situasi sulit, seperti pandemi Covid-19 saat ini.


    3. Pasar dikatakan sebagai salah satu penggerak ekonomi mikro karena:

    a) Di pasar tersedia berbagai macam kebutuhan, sehingga sangatlah mungkin untuk terjadi transaksi yang mengakibatkan perputaran uang.

    b) Di pasar, produsen dapat mempromosikan dan menjual hasil produksi mereka. Di pasar juga, konsumen sangat dimudahkan untuk memperoleh barang atau jasa yang mereka butuhkan.

    ReplyDelete
  19. NAMA : HERDINAR RIYANTI
    NPM : 43181340320044
    JURUSAN : AKUNTANSI

    1. Resesi ekonomi adalah periode penurunan ekonomi sementara dimana perdagangan dan aktivitas industri berkurang, yang umumnya ditandai dengan penurunan PDB dalam 2 kuartal berturut-turut. Resesi juga dimaknai sebagai perlambatan dalam kegiatan ekonomi yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi di suatu negara.

    Indonesia menjadi salah satu negara yang terancam mengalami resesi. Sebab pada kuartal 3 (Q3) tahun 2020 ini pertumbuhan ekonomi Indonesia paling tinggi hanya bisa menyentuh 0%, dan diperkirakan pada kuartal 4 (Q4) tahun 2020 ini akan jatuh di zona negatif yaitu di bawah -2%. Jika prediksi ini benar, maka Indonesia akan benar-benar mengalami resesi teknikal, yaitu kontraksi pertumbuhan di dua kuartal berturut-turut.

    2. Hal-hal yang menjadi andalan dari ketahanan ekonomi mikro, yaitu :
    1) Umumnya usaha ekonomi mikro atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menghasilkan barang dan jasa yang dekat dengan kebutuhan masyarakat. Maka saat terjadi kemerosotan ekonomi negara, tidak terlalu berpengaruh pada usaha ekonomi mikro. Justru para pelaku UMKM dapat tetap bergerak, bertahan, serta menyerap tenaga kerja meski jumlahnya terbatas. Seperti saat ini di tengah pandemi COVID-19 justru semakin banyak UMKM yang tumbuh dan banyak membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat.

    2) Andalan ketahanan ekonomi mikro yang kedua yaitu pelaku usaha UMKM umumnya memanfaatkan sumber daya lokal, baik untuk sumber daya alam, modal, sumber daya manusia, hingga peralatannya. Jadi para pelaku UMKM tidak menggunakan sumber daya dari luar negeri dimana hal ini dapat membantu meningkatkan ekonomi makro dalam negeri.

    3) Faktor ketiga dari ketahanan ekonomi mikro yakni pada umumnya bisnis UMKM tidak dipotong dana pinjaman dari bank, melainkan dari dana sendiri. Hal tersebut menunjukkan bahwa saat ekonomi makro Indonesia mengalami resesi atau penurunan, tidak akan berpengaruh besar terhadap ekonomi mikronya. Sebaliknya, usaha ekonomi mikro akan dapat membantu memulihkan atau setidaknya menstabilkan ekonomi Indonesia agar tidak semakin terpuruk.

    3. Dalam pembahasan ekonomi mikro, pasar memiliki beberapa fungsi yang penting sebagai penggerak untuk membantu dalam banyak hal, yaitu :
    1) Sebagai distribusi produk, yang merupakan suatu aktivitas menyalurkan barang atau jasa yang diproduksi oleh produsen kepada para konsumen.

    2) Menentukan harga barang, saat terjadi interaksi antara penjual dan pembeli, maka terdapat juga permintaan dan penawaran dari kedua pihak tersebut. Sehingga terdapat kesepakatan harga kesetimbangan yang dapat dicapai dari interaksi kedua pihak tersebut.

    3) Menyediakan barang dan jasa untuk masa mendatang, pasar juga memiliki peran sebagai fasilitator untuk mengelola tabungan dan investasi. Investasi tersebut berfungsi untuk menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan di masa yang akan datang.

    4) Sebagai tempat untuk promosi, saat proses promosi berlangsung produsen akan menawarkan barang atau jasa mereka dengan penawaran yang menarik kepada para konsumen.

    5) Sebagai tempat penyerapan tenaga kerja, selain para pedagang dan pembeli di pasar juga terdapat pihak lain seperti tukang sapu, tukang parkir, tukang sampah, dan ojek. Oleh sebab itu, pasar dikatakan memiliki fungsi sebagai tempat penyerapan tenaga kerja.

    ReplyDelete
  20. Nama : Via Oktaviani
    NPM : 43181340320030
    Jurusan : Akuntansi

    1. "Di kuartil ini pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan 0,5 sampai -2.2% tapi resesi itu bukan krisis"
    "Resesi bukan krisis apa lagi kita di Indonesia memiliki ekonomi rakyat. Kalau kita bisa memaksimalkan dan menormalkan kembali ekonomi rakyat, resesi yg terjadi nggak akan menimbulkan krisis."

    2. “Sektor UMKM menjadi andalan pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah lesunya ekonomi global saat ini,” kata Hj. Niken. Alasannya, Karna umumnya UMKM menghasilkan barang konsumsi & jasa yg dekat dgn kebutuhan masyarakat, pelaku usaha UMKM umumnya memanfaatkan sumber daya lokal, baik itu untuk sumber daya manusia, modal, bahan baku, hingga peralatan. Artinya, sebagian besar kebutuhan UMKM tidak mengandalkan barang impor dan umumnya bisnis UMKM tidak ditopang dana pinjaman dari bank, melainkan dari dana sendiri.

    3. Ekonomi adalah aspek penting dalam suatu negara. Dengan adanya pasar maka perekonomian di suatu negara tersebut dapat terkontrol dan juga dapat terjaga. Hal ini bisa terjadi karena dengan pasar, pemerintah dapat menentukan hal apa saja yang rakyatnya butuhkan.

    ReplyDelete
  21. Nama:Nurtiara Jaqelina
    Npm:43181340320032
    Prodi:Akuntansi

    1.Dalam ekonomi makro, resesi atau kemerosotan adalah kondisi ketika produk domestik bruto (GDP) menurun atau ketika pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal atau lebih dalam satu tahun.

    2.perrtama ,penundaan pembayaran hutang atau kredit untuk menjaga likuiditas keuangan UMKM dan Pemberian Bantuan Sosial
    Ketdua,kebijakan struktural disektor keuangan dan fiskal serta Pemberian insentif khusus untuk dapat bangkit kembali paska pandemi COVID 19.

    3. -Pasar Sebagai Distributor
    Pasar memudahkan proses distribusi barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Pasar sebagai sarana distribusi untuk faktor produksi (dari RTK ke RTP) dan sarana distribusi untuk hasil produksi (dari RTP ke RTK).
    -Pasar sebagai pembentuk harga
    Kegiatan tawar-menawar akan yang terjadi di dalam pasar sehingga dapat menghasilkan kesepakatan harga dan harga pasar akhirnya akan terbentuk.
    -Pasar sebagai sarana promosi
    Pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan memanfaatkan dan keunggulan suatu barang atau jasa yang diperjualbelikan.

    ReplyDelete
  22. Nama : Mina shafa kulsum
    NPM : 43181340320038
    Prodi: Akuntansi
    Matkul:Teori Ekonomi Mikro


    Jawaban:


    Pengertian resesi diatas adalah priode penurunan ekonomi sementara Dimana perdagangan Dan aktivitas industri berkurang,umumnya ditandai dengan penurunan PDB dalam kuartal berturut-turut

    2.1.Penanganan pandemi covid-19 secara
    cepat,tepat dan tegas Serta
    penerapan protokol kesehatan ketat
    dalam menjalankan aktivitas
    Ekonomi.
    2.penundaan pembayaran hutang atau
    kredit until menjaga likuiditas
    keuangan UMKM dan pemberian bantuan
    sosial.

    3. Fungsi pasar dalam penggerakan ekonomi mikro yaitu pasar sebagai distributor(pasar memudahkan proses distribusi barang atau jasa),pasar sebagai pembentuk harga(kegiatan tukar menukar),pasar sebagai sarana promosi(pasar menjadi tempat perkenalan atau informasi suatu barang atau jasa yang diperjualbelikan).

    ReplyDelete
  23. Nama : Fitria Novitasari
    NPM : 43181340320041
    Prodi : Akuntansi

    1. Maksud dari resesi diatas dalam ekonomi makro yaitu dimana periode penurunan ekonomi yang menurun drastis sementara seperti perdagangan dan aktivitas industri berkurang, umumnya ditandai dengan penurunan produk domestik bruto dalam 2 kuartal berturut turut, bahkan dalam masa pandemi seperti ini masih banyak yang membeli barang barang yang sangat mahal seperti mobil, motor dan sebagainya

    2. - Memanfaattan tanggung jawab sosial dan Iingkungan (yang dimiliki oleh perusahaan swasta dan badan usaha milik negara) dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi covid -19
    - pemerintah bersama swasta secara bersama berkomitmen untuk dapat menjaga dan mengembangkan ekosistem peretonomian yang mengitutrertatan UMKM didalamnya

    3. pasar mengorganisasikan produksi. Dengan adanya harga-harga. faktor produksi di pasar, maka akan mendorong produsen memilih metode produksi yang paling efisien. Jika Bila harga suatu faktor produksi mengalami kenaikan di pasar,
    maka produsen akan berusaha mengadakan penghematan penggunaan faktor produksi tersebut dan mencoba mengganggunya dengan faktor produksi
    pengganti yang lain yang harganya relatif lebih murah. Jadi fungsinya ini memecahkan masalah bagaimana cara menghasilkan barang.

    ReplyDelete
  24. Nama : gebie enjelina maharani
    Npm : 43181340320013
    Jusuran : akuntansi

    1. resesi ekinomi adalah penurunan signifikan dalam kegiatan ekonomi yang berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

    Selama resesi, ekonomi berjuang, orang kehilangan pekerjaan, perusahaan membuat lebih sedikit penjualan dan output ekonomi negara secara keseluruhan menurun.

    Tetapi secara ekonomi mikro akan bangkit dengan meningkat kan ketahanan ekonomi mikro.Yaitu dengan UMKM(usaha mikro kecil menengah). UMKM menjadi andalan dalam penyerapan tenaga kerja, mensubstitusi produk konsumsi atau setengah jadi.Karena itu, pemerintah akan terus memastikan usaha mikro dan kecil tetap berjalan dan semakin kuat dalam kondisi perekonomian yang tidak menentu sekalipun. Untuk itu pemerintah berencana mengeluarkan stimulus bagi UMKM. Stimulus ini jadi mendorong pertumbuhan UMKM yang berdaya saing dan memberi kontribusi yang makin besar bagi perekonomian nasional.



    2.
    1. UMKM dapat bejalan meski untung sedikit atau pun saat situasi tidak menentu.berbeda dgan perusahaan besar yang harus menunggu situasi yang baik dan stabil dulu.
    2.UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas agar dapat membantu mendorong perekonomian nasional.
    3.UMKM menjadi andalan dalam penyerapan tenaga kerja di saat situasi sedang krisis seperti sekarang ini

    3.
    Fungsi Pasar adalah
    1..Tempat Distribusi, disini bisa dikatakan pasar adalah sebuah fasilitator atau jembatan antara penjual yang ingin menjual atau menyalurkan barang atau jasa kepada pembeli yang berminat kepada barang tersebut.
    2.Pembentukan Kreatifitas. Pasar bisa menjadi sebuah tempat dimana seorang penjual atau pembeli menemukan ide baru untuk memaksimalkan sebuah barang atau jasa yang tersedia di pasar.
    3.Tempat Bersosial, Pasar bisa menjadi tempat bersosial antara pembeli dan penjual. interaksi antara pembeli dan penjual adalah ketersediaan barang dan tawar menawar harga.

    Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi ekonomi atau menjual barang dan jasa.Selain itu pasar juga berfungsi sebagai penggerak ekonomi mikro,yaitu karena pada pasar inilah UMKM(Usaha Mikro Kecil Menengah) bisa berkembang dan berjalan.dan juga di pasar juga lah hasil dari UMKM di edarkan,di pasarkan,atau pun di buat.

    ReplyDelete
  25. Nama :Corry Aina Tanya
    NPM :43181340320016
    Prodi:Akuntansi

    Jawaban


    1.resesi diartikan sebagai kondisi di mana produk domestik bruto (GDP) mengalami penurunan atau pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal secara berturut-turut atau lebih dari satu tahun.

    2.Dua alasan yang menjadi andalan dari ketahanan ekonomi mikro yaitu, Sarana untuk meratakan tingkat perekonomian rakyat kecil dan penerapan protokol kesehatan yang ketat dalam menjalankan aktivitas ekonomi

    3.Fungsi pasar penggerakan ekonomi mikro yaitu pasar sebagai Distributor ( Pasar memudahkan proses distribusi barang atau jasa ) , pasar sebagai pembentuk harga (kegiatan tawar menawar), pasar sebagai sarana promosi atau informasi suatu barang atau jasa yg di perjual belikan

    ReplyDelete
  26. Nama : Putri Dwi Puji Lestari
    NPM : 43181340320039
    Jurusan : Akuntansi


    1. Indonesia secara garis besar menurut kuartal IV tahun 2020 akan mengalami kelesuan atau kemerosotan ekonomi yang berlangsung selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Resesi ekonomi memberikan pengaruh kepada penurunan pada seluruh kegiatan ekonomi tetapi secara ekonomi mikro akan bisa bangkit dan meningkatkan ketahanan ekonomi mikro dengan cara penguatan kelembagaan ekonomi domestik dapat dilakukan dengan mempertegas pelaksanaan aturan formal dan non formal yang berlaku secara spesifik di daerah nya masing-masing.

    2. Pasar dan usaha kecil lainnya yang digunakan sebagai sarana distributor pembentuk harga dan sebagai sarana promosi. Alasan nya ada 2 : untuk memahami segala masalah yang dihadapi masyarakat dan rumah tangga, dan untuk sebagai penggerak dibidang ekonomi pasar dan menjadikannya sebagai pendapatan negara.

    3. Fungsi pasar sebagai salah satu penggerak ekonomi mikro yaitu dapat menopang perekonomian pasar yang berfungsi sebagai distributor = pasar memudahkan proses distribusi barang atau jasa dari produsen ke konsumen, pasar sebagai pembentuk harga = kegiatan tawar menawar akan menghasilkan kesepakatan harga, pasar sebagai sarana promosi = Menjadi tempat memperkenalkan tentang suatu keunggulan barang.

    ReplyDelete
  27. Nama:Wulan Dayanti
    Npm: 43181340320034
    Jurusan:akuntansi

    1.periode penurunan ekonomi sementara dimana perdagang dan aktivitas industri berkurang, umumnya ditandai dengan penurunan PDB dalam dua kuartal berturut-turut
    2. 1. UMi karena para pelaku usaha produktif dengan jumlah besar diindonesia, merupakan ujung tombak bagi perekonomian negara
       2. UKM menjadi poin krusial & memiliki kontribusi besar bagi perekonomian negara
    3.-Pasar sebagai distributor
    Memudahkan proses distribusi barang atau jasa dari produsen ke konsumen
     -pasar sebagai pembentuk harga
    Kegiatan tawar menawar yang terjadi didalam pasar sehingga dapat menghasilkan kesepakatan harga dan akhirnya harga akan terbentuk
    -pasar sebagai sarana promosi
    Menjadi tempat memperkenalkan & menginformasikan memanfaatkan keunggulan suatu barang/jasa yang diperjualbelikan

    ReplyDelete
  28. Nama : Vina Amalia
    NPM : 43181340320046
    Jurusan : Akuntansi
    Jawab
    1. Resesi Ekonomi adalah periode penurunan ekonomi sementara dimana perdagangan dan aktivitas industri berkurang , umumnya ditandai dengan penurunan PDB dalam 2 kuartal berturut- turut.
    2. •Melalui UMI ,alasannya mereka adalah ujung tombak kemerdekaan ekonomi dan para pelaku usaha sektor ini terbukti ulet dan mudah beradaptasi.
    • UMKM memiliki posisi penting dalam keberlangsungan perekonomian Indonesia.
    Usaha mikro bagian dari kegiatan ekonomi sehari- hari masyarakat yang berjalan untuk menunjang kehidupannya.
    3.• sebagai sumber pendapatan pemerintah untuk membiayai pembangunan melalui pajak dan retribusi.
    •menjaga stabilitas ekonomi ,berkaitan dengan mekanisme harga,penawaran dan permintaan suatu produk serta roda perekonomian masyarakat.

    ReplyDelete
  29. Nama : Thasya Amelia Noor
    NPM : 43181340320015
    Jurusan : Akuntansi

    1. Dalam ekonomi makro resesi adalah kondisi ketika produk domestik bruto menurun atau ketika pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal atau lebih dalam satu tahun.

    2. 1.) UMKM menghasilkan barang konsumsi dan jasa yang dekat dengan kebutuhan masyarakat
    2.) UMKM memanfaatkan sumber daya lokal, baik itu untuk sumber daya manusia, modal, bahan baku, hingga peralatan. Artinya, sebagian besar kebutuhan UMKM tidak mengandalkan barang impor. 
    3.) UMKM tidak ditopang dana pinjaman dari bank, melainkan dari dana sendiri.

    3. 1.) Tempat berkumpulnya para konsumen yang merupakan tempat promosi yang sempurna bagi produsen guna memperkenalkan produk mereka.
    2.) Tempat penyerapan tenaga kerja, Selain terdapat para pedagang dan pembeli, di pasar juga banyak terdapat pihak lain yang dapat terlibat dalam kegiatan ekonomi. Seperti tukang sapu, ojek, tukang parkir, tukang sampah, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum pak, ini link tugas Ekonomi Mikro kami dari kelompok 3.
    Nama anggota :
    1. Adellia Ramadhania R. (43181340320057)
    2. Fitria Novitasari (43181340320041)
    3. Gebie Enjelina Maharani (43181340320013)
    4. Mina Shafa Kulsum (43181340320038)
    5. Via Oktaviani (43181340320030)
    6. Wulan Dayanti (43181340320034)
    Judul Tugas : Biaya produksi dan penerimaan
    Prodi : Akuntansi
    Kampus : STIE TRIBUANA BEKASI
    Link tugas: https://teoriekonomimikrosemester1.blogspot.com/2020/12/biaya-produksi-dan-penerimaan.html?m=1

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Assalammualaikum Pak, izin mengirim link tugas kami dari kelompok 6, kelas Akuntansi, semester 1, STIE Tribuana.
    Nama Anggota :
    1. Aisyah Puri Nurjanah (43181340320001)
    2. Alvany Alifia (43181340320002)
    3. Corry Aina Tanya (43181340320016)
    4. Kiara Niko Putri (43181340320003)
    5. Thasya Amelia Noor (43181340320015)
    Dengan Judul : TEORI PERILAKU PRODUSEN
    Link Tugas :
    https://aisyahpuriii.blogspot.com/2021/01/teori-perilaku-produsen.html?showComment=1610378494111#c705143972850515122

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Assalamualaikum
    Nama Anggota:
    1. Rassel(43181340320004)
    2. Muhammad Yudhistira (43181340320045)
    3. Emmanuel Rizky Reza K. (43181340320055)
    4. Alfarabi Shina Lujainiddani (43181340320040)
    5. Akira Maerzyda (43181340320058)
    6. Hasna Sabrina S (43181340320010)
    7. Cintia Putri S (43181340320060)
    Prodi: Akuntansi
    Kelompok 4, Judul: Teori Perilaku Konsumen
    Link Blog:https://akiramaerzyda.blogspot.com/2020/12/teori-perilaku-konsumen.html?m=1

    ReplyDelete
  36. Assalamualaikum pak ini tugas dari kelompok 5 parodi akuntansi semester 1
    Nama Anggota kelompok 5 :
    - Nurul Aeini (43181340320059)
    - Siti Nurpadilah (43181340320047)
    - Nur Tiara Jaqelina (43181340320032)
    - Andini (43181340320035)
    - Dyah Ayu Aprilia p (43181340320049)
    - Al istiqomah (43181340320028)
    Kelas: Akuntansi semester 1
    judul : Struktur Pasar
    STIE TRIBUANA BEKASI
    Link tugas :
    https://nurulaeini23.blogspot.com/2021/01/makalahstruktur-pasar-disusun-oleh-siti.html?m=1

    ReplyDelete
  37. Assalamualaikum pak ini link tugas kami dari kelompok 2 kelas Akutansi semester 1.
    Nama kelompok 2 :
    -Ayunda haedaroh Nursyamsiah (43181340320050)
    -Putri Ummi Humaeroh (43181340320024)
    -fauzia nur(43181340320008)
    -Siti fauzi (43181340320021)
    -Wulan Purnama (43181340320053)
    Kelas : Akutansi
    Semester : 1
    Judul : elastisitas permintaan dan penawaran
    Kampus : TRIBUANA BEKASI

    Link Tugas :
    http://ayundasyam.blogspot.com/2020/12/elastisitas-permintaan-dan-penawaran_28.html

    ReplyDelete
  38. Assalamualaikum pak ini link tugas kami
    Kelompok 1
    Kelas Akuntansi semester 1
    STIE TRIBUANA

    1. Herdinar Riyanti (43181340320044)
    2. Putri Dwi Puji Lestari (43181340320039)
    3. Septiyana Andini (43181340320051)
    4. Sintia Lestari (43181340320022)
    5. Vina Amalia (43181340320046)

    Link Tugas :https://calonsarjanaak20.blogspot.com/2021/01/permintaanpenawarandan-harga-1.html

    ReplyDelete